Ketua AJI Manado Yoseph Ikanubun

Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia Manado (Ketua AJI Manado) Yoseph Ikanubun mengecam tindakan oknum aparat TNI yang masih melakukan kekerasan terhadap wartawan yang sedang melakukan liputan. Ia menegaskan, seharusnya aparat keamanan ikut menghormati cara kerja jurnalis.

Hal itu dikatakan Yoseph menanggapi kekerasan yang dialami oleh jurnalis Kompas.com di Ambon, Rahmat Rahman Patty, yang mendapat perlakuan tidak mengenakkan dari oknum anggota Denkav Kodam Pattimura. "AJI Manado mengecam keras tindakan kekerasan tersebut," ujar Yoseph, Selasa (1/1/2013).

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, beberapa oknum anggota TNI diduga melakukan tindak kekerasan terhadap kontributor Kompas.com di Ambon, Rahmat Rahman Patty, ketika meliput malam perayaan pergantian tahun. Selain diancam akan dibunuh, peralatan kamera Rahmat juga dibanting hingga rusak. "Tindakan kekerasan terhadap kerja-kerja jurnalis merupakan perbuatan melawan hukum," tambah Yoseph.

Ia menjelaskan, pekerjaan jurnalis dilindungi hukum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Walaupun pelakunya sudah ditangani dan ada permintaan maaf dari TNI, proses hukum terhadap pelaku harus terus dilanjutkan. "Teman-teman pekerja pers sebaiknya juga lebih mawas diri ketika bekerja," tutup Yoseph.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel