Survei Lembaga Survei Indonesia

Fortuner SUV Terbaik. Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) memunculkan tokoh-tokoh non-parpol yang dinilai memiliki kualitas sebagai calon presiden mendatang. Dianataranya, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Menteri BUMN Dahlan Iskan, serta mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Namun, peluang tokoh-tokoh non-parpol ini bersaing di Pilpres 2014 terbilang kecil, bahkan hampir mustahil. Hal ini mengingat wacana presidential treshold (PT) sebesar 20 persen yang berkembang di Dewan Perwakilan Rakyat dalam pembahasan RUU Pilpres.

"PT 20 persen itu membuat partai-partai sampai saat ini sebenarnya masih belum pasti mengusung capres dari partainya. Karena, tidak ada yang bisa melampaui itu seorang diri kecuali Demokrat, itu juga kecenderungannya menurun," ujar Ketua DPP Partai Gerindra Martin Hutabarat, Minggu (2/12/2012), di Jakarta.

Dikatakan, jika PT disahkan 20 persen, maka partai-partai sudah bisa dipastikan akan berkoalisi. Jika koalisi yang akan diambil, maka Martin menilai figur non-parpol tidak akan mungkin dilirik partai.

"Parpol-parpol pasti akan berkoalisi, dan tidak mungkin parpol itu mau memberikan posisi capres ke orang lain. Begitu juga dengan cawapres, yang kemungkinan akan diisi oleh calon yang diusung teman koalisi," kata Martin.

Martin tak memungkiri kapabilitas Mahfud MD, Jusuf Kalla, Sri Mulyani, dan Dahlan Iskan. Namun, peluang mereka untuk masuk dalam Pilpres hanya akan jadi khayalan jika PT dipaksakan tetap 20 persen.

"Kalau sudah begini, capres-cawapres non-partai hanya akan menjadi khayalan," kata Martin lagi.

Ia menyarankan PT diturunkan agar calon-calon presiden yang muncul nantinya bervariasi. Peluang nama-nama non-parpol masuk dalam bursa Pilpres juga terbuka.

"Gerindra bersikap RUU Pilpres akan datang mempertimbangkan bahwa rakyat ingin perubahan. Jangan ditutupi dengan persyaratan PT yang sulit. Buatlah lebih longgar sehingga muncul calon-calon alternatif yang berkualitas," Martin menegaskan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel